-->

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

Sebelum Mau Ngupil, Jangan Lupakan Dua Hal Penting Ini!

Sebelum Mau Ngupil, Jangan Lupakan Dua Hal Penting Ini!

DoepasNews - Entah terang-terangan pas lagi sendirian atau mungkin diam-diam waktu bareng sama gebetan atau pacar, yang namanya mengorek hidung alias ngupil memang asik banget buat dilakukan. Bahkan, tanpa sadar, nggak cukup hanya sekali dua kali jari telunjuk kamu keluar masuk ke dalam lubang hidung. Nah, walau rasanya seru-seru asik dan geli-geli gimana gitu, ternyata ngupil juga punya risiko. Bahkan, kalau keseringan bisa jadi berbahaya buat kesehatan yang nggak pernah kamu duga.

Yang pertama, waktu asik ngupil kamu nggak sadar kalau kuku kamu bisa melukai lapisan yang ada di dalam rongga hidung. Entah gara-gara kuku yang kepanjangan dan tajam di bagian ujung atau bisa juga jari telunjuk kamu yang kotor dan belum dicuci. Kalau kuku dan jari yang kotor sampai melukai bagian dalam hidung, bukan nggak mungkin terjadi infeksi. Jadi, sebelum ngupil pastikan dulu kuku dan jari kamu sudah bersih dan nggak ada kuman.

Yang kedua, frekuensi ngupil jangan keseringan. Sekali dua kali ngupil sebenarnya nggak masalah selama kuku dan jari kamu bersih. Kalau sudah keseringan ngupil, pelumas alami yang dibutuhkan rongga hidung bakalan habis karena ikutan keluar bareng upilnya. Akibatnya hidung rongga hidung jadi kering. Karena sudah nggak ada pelumas, rongga hidung yang kering gampang lecet karena tersentuh kuku dan jari.

Dua aturan main untuk ngupil ini penting kamu ketahui. Tujuannya biar acara korek-korek hidung tetap aman dan nggak menyebabkan infeksi. Kalau sudah tahu begini, kamu nggak perlu juga jadi paranoid dan nggak mau ngupil sama sekali. Soalnya, kalo jarang-jarang atau bahkan sama sekali nggak ngupil, lendir yang bercampur sama debu dan kotoran bisa mengeras dan menghambat pernapasan.

Jadi, kalau mau ngupil boleh-boleh aja. Selagi kuku dan jari kamu bersih serta nggak terlalu sering, ngupil tetap punya manfaat untuk kesehatan hidung dan nafas jadi lebih lega.

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...